Pedoman Penilaian Dan Model Raport Kurikulum 2013

Implementasi dan pelaksanaan Kurikulum 2013, termasuk pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) memberikan dampak terhadap model penilaian pencapaian kompetensi para peserta didik. Penilaian pencapaian kompetensi adalah sebuah proses yang sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis serta menginterpretasi informasi guna menentukan sejauh mana peserta didik sudah mencapai tujuan pembelajaran yang dikehendaki.

Sesuai dengan Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, penilaian pencapaian kompetensi pada jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah dilaksanakan oleh pendidik, satuan pendidikan, Pemerintah dan/atau lembaga mandiri. Penilaian pencapaian kompetensi oleh pendidik dilakukan dengan tujuan untuk memantau proses, kemajuan, dan perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan kemampuan yang diharapkan secara kontinyu atau berkesinambungan. Penilaian juga bisa memberikan umpan balik atau feed back kepada pendidik agar bisa memperbaiki perencanaan dan proses pembelajaran yang dilakukan.

Pedoman Penilaian Dan Model Raport Kurikulum 2013

Jika memang demikian maka Pedoman Penilaian Dan Model Raport Kurikulum 2013 menjadi sangat perlu untuk diberikan dan dipahami agar terjadi persamaan persepsi di antara lembaga pendidikan dan pelaku pendidikan.

Teknik dan bentuk instrumen penilaian berdasarkan kurikulum 2013 meliputi :
  1. Penilaian Pencapaian Kompetensi Sikap
  2. Penilaian Pencapaian Kompetensi Pengetahuan
  3. Penilaian Pencapaian Kompetensi Keterampilan
Sedangkan model raport berdasarkan kurikulum 2013 sudah tercantum dalam Pedoman Penilaian Dan Model Raport Kurikulum 2013 yang dapat didownload dari link url yang ada di bawah nanti.

Demikian artikel Pedoman Penilaian Dan Model Raport Kurikulum 2013, semoga bemanfaat

Subscribe to receive free email updates: